Kembangkan Potensi Kader, Ansor KBB Adakan Kursus Jurnalistik

Padalarang, Ansorbandungbarat.co.id - Untuk membekali para kadernya dalam bidang jurnalistik, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bandung Barat bekerjasama dengan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Urgensi Administrasi Kependudukan sekaligus Kursus Jurnalistik di Kantor PCNU KBB, Padalarang, Sabtu (21/09/2019).
Menurut Ketua PC GP Ansor KBB Cecep Nedi Sugilar, M.Pd, kegiatan ini bertujuan untuk membekali para kader Ansor dalam bidang tulis menulis kejurnalistikan.
"Kursus jurnalistik ini diselenggarakan dengan tujuan selain untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat para kader dalam kegiatan jurnalistik, juga untuk membekali mereka dalam hal ilmu jurnalistik tersebut. Sehingga apa yang mereka tuliskan mempunyai manfaat lebih bagi yang lain" katanya.
Sementara itu, Ruba Nurjaman selaku pemateri kursus jurnalistik tersebut menuturkan bahwa sebuah tulisan agar mempunyai nilai dan bisa diterima orang lain, maka tulisan itu harus disusun secara sistematis berdasarkan kaidah penulisan karya ilmiah jurnalistik.
"Kita sering kesulitan dalam hal menulis sebuah ide. Kalau pun sudah ditulis kita tidak PD untuk mempublikasikannya. Ini terjadi karena, kita tidak yakin tulisan kita berkualitas dan dapat diterima orang lain. Oleh karena, itu maka sebuah tulisan harus disusun secara sistematis berdasarkan kaidah penulisan karya ilmiah jurnalistik" tuturnya.
Selain ditulis secara sistematis, sebuah tulisan jurnalistik juga harus selalu dipreview sebelum dipublikasikan.
"Proses preview penting dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang belum tepat dalam penulisan, termasuk sejauh mana tulisan kita agar enak pada saat dibaca oleh orang lain" ujar Ruba.
Ketua PAC GP Ansor Cikalong Wetan yang juga sebagai Ketua IKI KBB, Irfan Ramli yang merupakan panitia penyelenggara mengatakan bahwa kegiatan ini selain diikuti oleh kader Ansor dan Banser juga dikuti oleh kader IPNU dan IPPNU se KBB.
"Selain unsur Ansor dan Banser, kami juga mengundang kawan-kawan dari IPNU/IPPNU se KBB untuk mengikuti kegiatan ini. Dan alhamdulillah banyak kawan-kawan yang antusias mengikutinya" imbuhnya. (AAR)

Comments

Popular posts from this blog

Video Kapolri Jendral Tito Karnavian: Selamat Harlah Ansor ke 84

Diklatsar Banser Parongpong Ciptakan Kader Banser Militan

Pernyataan Sikap Ansor Bandung Barat Terkait Terorisme