Sukses Susbalan Banser, Ansor KBB Ziarah ke Makam Mbah Hasyim Asy'ari

Sukses Susbalan Banser, Ansor KBB Ziarah ke Makam Mbah Hasyim Asy'ari

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Bandung Barat beserta rombongan berangkat ke Jawa Timur untuk ziarah ke makam para Muassis Nahdlatul Ulama pada hari Sabtu (07/09). Adapun yang dituju adalah makam KH. Bisri Syansuri (Denanyar), KH. Abdul Wahab Chasbullah (Tambak Beras), KH. Hasyim Asy’ari (Jombang) serta KH. Abdurrahman Wahid (Jombang).

Rombongan berangkat dari stasiun Kiaracondong Bandung pada pukul 05.35 menuju Jombang Jawa Timur.

Menurut Ketua Ansor Bandung Barat, ziarah kali ini merupakan ziarah lanjutan yang sebelumnya telah diawali oleh Gus Ali (Pengasuh Ponpes Manb’ul Falah-Cipatik) sebelum melaksanakan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di Bandung Barat.

“Sebelum Susbalan, Gus Ali matur dulu ke Mbah Hasyim. Lalu setelah sukses Susbalan, giliran saya dan rombongan sowan ke Mbah Hasyim, karena malu kalau tidak (sowan)” Jelasnya.

Ikut dalam rombongan ziarah, ketua Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Bandung Barat, Kyai Anwar Hoetomi yang juga bertindak sebagai pemimpin ziarah.

KH Hasyim Asy'ari (Rois Akbar NU) wafat pada tahun 1947, lalu digantikan oleh KH Abdul Wahab Chasbullah sebagai Rois Aam Nahdlatul Ulama selanjutnya. KH Abdul Wahab digantikan oleh KH Bisri Syansuri (Rois Aam ketiga) yang juga aktif berpolitik dengan menjadi Ketua Majelis Syuro PPP. Kepemimpinan KH Bisri sebagai Rais Aam dimulai tahun 1971 dan berakhir pada 1980.

(Gari/Ang)

Comments

Popular posts from this blog

Video Kapolri Jendral Tito Karnavian: Selamat Harlah Ansor ke 84

Pernyataan Sikap Ansor Bandung Barat Terkait Terorisme

GP Ansor Kabupaten Bandung Barat Berduka